Untuk Pesanan Khusus Pengiriman ke Alamat Anda Melalui Jasa Pengiriman (Tiki, JNE, Pos Indonesia) Hub. kami melalui Email/No.Telepon
Kami Tidak sekedar Menjual Tapi juga Melayani. Kami Memahami Anda Akan Sebuah Layanan dalam Pembangunan sebuah Software untuk berbagai keperluan

Senin, 09 Maret 2009

Opini

Perbedaan mendasar antara Sistem informasi, Teknologi Informasi dan Manajemen Informasi

Ditinjau dari segi pengertiannya, sistem informasi dapat dianalogikan sebagai sebuah permintaan (demand) dari masyarakat industri, dimana kebutuhan akan sarana pengolahan data dan komunikasi yang cepat dan murah (menembus ruang dan waktu) didefinisikan. Sementara di sisi lain, teknologi informasi merupakan jawaban dari dunia industri (supply) terhadap permintaan tersebut dalam bentuk penciptaan produk-produk berbau teknologi perangkat keras dan perangkat lunak.

Sistem informasi merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen dalam perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan proses penciptaan dan pengaliran informasi. Dalam hal ini, teknologi informasi hanya merupakan salah satu komponen kecil saja dalam format perusahaan. Komponen-komponen lainnya adalah: proses dan prosedur, struktur organisasi, sumber daya manusia, produk, pelanggan, supplier, rekanan, dan lain sebagainya. Secara teori, di satu titik ekstrim, suatu sistem informasi yang baik belum tentu harus memiliki komponen teknologi informasi (lihat perusahaan-perusahaan pengrajin kecil dengan omset milyaran).

Ada gap yang tidak kecil antara demand dan supply yang terjadi sebagai akibat dari dampak normal dari evolusi teknologi dan dunia bisnis. Untuk memperkecil gap yang terjadi, beberapa ahli system informasi dan teknologi informasi sudah melakukan riset untuk memperkecil gap yang terjadi yakni dengan Manajemen Informasi. Seperti yang digambarkan dalam gambar dibawah ini :



Sumber: Renaissance Advisors, 1996.

-Aang Darmana, S.KOm, Dosen STMIK Ganesha Bandung
-www.bursa-software.net

0 komentar: